Sabtu, 11 Oktober 2008

Lebaran = Mudik = Antara Senang dan Males

Lebaran udah lewat, Seperti taon-taon sebelumnya, tiap lebaran, hampir setiap orang selalu berkeinginan untuk berkumpul bersama orang-orang terdekat atau sanak keluarga, sehingga mereka menyebabkan suatu kegiatan yang bernama mudik. Kegiatan ini sudah menjadi tradisi di indonesia tiap mau lebaran, sehingga mengakibatkan jalur lalyu lintas luar biasa macet, serta banyak juga terjadi kecelakaan.

Gw sendiri menyambut lebaran kali ini lempeng-lempeng aja. Gw udah tau kalo semua tiket bakal abis, dan gw ogah desek-desekan ama berjuta-juta orang (lebai) buat ngedapetin sehelai tiket. Di kampung nyokap udah marah-marah maksa anak cowoknya yang paling ganteng ini (lha wong cowoknya cm 1) bwt pulang. Gw sendiri udah pasrah dan bodo amat. Tapi ternyata Allah memang baik terhadap umatnya. Ternyata temen gw daftarin gw bwt ikutan mudik gratis yang diadain oleh Gubernur Jawa Tengah, bareng ama temen-temen sedaerah. Akhirnya untuk kedua kalinya, setelah taon lalu juga ikut mudik gratis yang diadain suatu perusahaan, gw kembali bisa pulang kampung dengan cuma-cuma.
Haha!

Yang namanya gratis, pasti ngeselin. Disuruh nunggu di TMII, katanya berangkat jam 1, ternyata jadi jam 4, cuma buat nunggu pak gubernur berpidato melepas keberangkatan rombongan. Padahal gw ampe bela-belain cabut kuliah. Yang menarik, ternyata kebanyakan pesertanya adalah para tukang ojek, para pedagang kecil, para buruh, dan banyak orang yang hidupnya susah. Ketika berangkat pun, Di bus gw sempet ada keributan antara rombongan gw para mahasiswa dan rombongan lain yang ternyata orang2 dari wonogiri, dah pada tua-tua.Ada beberapa dari mereka yang tdak terdaftar, tapi tetep ngembat tempat duduk, sehingga beberapa temen gw yang terdaftar malah gak duduk. Eh udah gtu mereka bikin masalah lagi. Rencana orang-orang wonogiri mo diturunin di Pekalongan, mo dioper, eh mereka protes, anak-anak purworejonya aja yang diturunin. Padahal udah jelas-jelas itu bis mo ke Purworejo. Untung Puasa, klo gak udah nyolot kali gw.

Tapi malemnya, semua yang ada di bis malah jadi akrab. Bercanda-canda, saling berbagi tempat, bagi-bagi makanan pula. Bener-bener pemandangan yang indah. Gw pengen ngucapin makasih buat pak gubernur, sekalian bilang, mbok ya tulisan "GRATIS" di Bus gak usah gede-gede.

Sesampai di rumah, gw langsung gak betah. Gw pengen balik ke depok lagi. Masalah ya lagi-lagi gw gak pegang tiket buat balik. Gw jadi sebel ama pengelola mudik gratis, ngeberangkatin kita kok gak dipulangin. Gak tanggung jawab. (Klo ini kayaknya gw yang rada sedeng). Tapi untung lah Allah masih berbaik hati ama gw, gw dapet tebengan dari sepupu gw orang bekasi, hari H+4. Di perjalanan pulang, gw baru nyadar betapa setresnya sepupu gw. Udah tau itu puncak arus balik, masih aja marah-marah di sepanjang jalan, suka motong arus berlawanan seenaknya, malah jadi tambah macet dan kudu dibantuin pak polisi. Untung gak ditangkep. Parahnya lagi, Walopun baru nikah dan sang istri juga dibawa, sepanjang jalan masih sempet godain cewk! Bahkan ngomong ama bininya dengan santai, "Yang, ni mobil kan masi ada kosong, boleh gak aku tumpangin cewek?" Istrinya cuma geleng-geleng pala. Bener-bener sakit ni orang.

Setelah berada di mobil sehari semalem ampe mabok, qt nyampe jakarta, dan gw ditelantarkan di bekasi, untuk kemudian menuju ke kosan gw di depok, kemudian menangisi kondisi kamar gw yang kayak kandang kebo.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

LoL.... Nice posting.. kayaknya seru yak? :p