Selasa, 03 Juni 2008

Kuliah Kehidupan

Smalem gw memecahkan rekor dengan tidak tidur semalam suntuk, semenitpun kagak.
(rekor pribadi maksudnye).

Nah kan ceritanya gw ude kelar UAS, jadi gw balas dendam dengan ngobrol bareng temen-temen kos gw. Nah salah satunye, sebagai pembicara utama, yakni (halah bahasanya) temen kos gw yang paling dewasa. Dia tuh sosok laki-laki yang bener-bener udah kenyang makan asam garam pergaulan, especially aspek kehidupan. Sebelumnya perlu gw ceritain sekilas tentang dia (sori nama dirahasiakan).

Dia tuh cowok yang kehidupannya penuh warna. Orang ini tuh punya turunan jepang, arab, pontianak, ama salah satu daerah dari sumatra, langsung dari kakek neneknya. Nah lo, kebayang gak orangnya kayak gimana?Masa remajanya dulu, di satu sisi dia adalah orang populer, di satu sisi dia juga orang yang kurang beruntung. Selain punya masalah keluarga, dia juga sempat terbuang dari pergaulan! Sebabnya ya gara-gara sirik ama kemampuan dia bersosialisasi.
Dia juga seorang pengelana gitu, demen keluar pulau n keluar negeri. Beberapa perjalanannya beneran gokil, misalkan perjalanan dia ke Bali hanya modal duit 20 rebu perak, jalan kaki, ditempuh selama 3 Bulan. Wah kalo lo denger ceritanya sendiri bakal terkagum-kagum dah!

Nah semalem ni orang ngasih banyak nasehat ke gw, kebanyakan seputar kehidupan remaja kita gitu. Ni gw jembrengin petuah dia yang maybe berguna. Di tulisan gw setelah ini gw nyebut dia pak dosen.

Pertama kita ngomongin masalah (ehem) cewek. Temen gw tuh curhat ma pak dosen, pada intinya pertanyaannya tuh seputar cara-cara ngegebet cewek gitu, trus ngadepin musuh-musuh yang ada. Pak dosen, dengan pengalamannya yang segambreng, ngasih penjelasan panjang lebar, tapi gw singkat aja ya. Intinya dalam dunia pergebetan, yang harus nongol adalah rasa pede. Pokoknya lu jangan mikirin hasil akhir tu gimana, terapkan asas bodo amat n muka tebal. Dia bilang, buat deketin cewek, kita harus menjunjung cewek tinggi-tinggi. Gombal tapi cerdas, gitu. Buat dia ngerasa bahwa lw memperlakukan dia secara spesial. Klo udah gitu, proses PDKT bisa ngalir dengan tenang, dan jadilah diri lo apa adanya. Trus klo ada saingan gitu, lo cuek aja, cukup pikirin cewe yang lo incer. Perkara dia mo mikulin lo, lo cukup bilang : "Lo tu bego ya men, lo mo bunuh gw pun, itu cuma bikin cewe yang lo suka tambah benci ama lo. Kalo lo berotak, bersaing tuh gak kayak gini, tapi secara sehat."
Pak dosen bilang gitu, dan dia bilang, itu dah cukup.

Ganti topik neh, tentang masalah dibuang dari pergaulan. Dia pernah tuh jadi orang stres, trus gabung ma orang-orang gila, gara-gara dikucilin. Tapi, dalam proses pengembaraannya, dia bisa bangkit. Dia balik dan malah ngebales orang-orang yang ngucilin dia, dalam artian positif. Contoh kasus, dia lagi debat dalam satu mata kuliah. Dia terus ngebanting pernyataan temen-temenya yang ngucilin dia dengan jawaban yang sangat rasional, sampe akhirnya dia yang dapet nilai A dan temen-temennya kagak ada yang lulus. Abis itu dia dirubung temen-temennya, dibentak-bentak, " Mau lo apa sih????"
Dan dengan entengnya dia ngebales , " Mau lo apa? "
Dia nerusin , " Emangnya enak disakitin? Manusia tuh juga punya hati, yang pasti sakit kalo disakitin kayak perlakuan lo ke gua!"
Abis itu temen-temennya itu pada takut ngeliat temen gw ini. Pak dosen bilang, orang-orang kayak gini, yang gak bisa dibilangin baek-baek, memang harus dipukul pake palu kehidupan!
Wuaah, keren euy!
Dia juga nyaranin, kalo lo gak diterima di satu kelompok, beralihlah ke kelompok yang lain yang sesuai ama lo. Berpikirlah gini, kalo lo gak dianggep di kelompok A, pasti ada kelompok B,C,D atau yang lain yang butuh lo!

Masih banyak yang dia ceritain. Sementara ini dulu deh, ntar gw edit lagi.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

orang kalo masa mudanya udah banyak penderitaannya kyk gono emg bisa jadi bijak banget, ta. Tapi ada juga orang yg emg dari orok udah pinter ngomong. Nasehat gw (cie ilee) jadi lu harus pintar-pintar ngebedain dan mengenal sifat orang. tp kyknya orang yg lu criain ini emg bener2 oke yah.. Gila juga ke Bali modalnya cuma 20 rb perak. Sengirit-ngiritnya gue, 20rebu cuma bisa tahan 3 hari. Tp pasti dia punya cara. Salute!

Gw akur banget dgn kata-kata "orang-orang kayak gini, yang gak bisa dibilangin baek-baek, memang harus dipukul pake palu kehidupan". Apalagi buat orang2 kyk gw. dan elu mungkin, kekekekek... kidding bro! tapi yg jelas kalo udah kena pukul palu itu, pasti kita langsung berubah dan nyadar!

trus juga, kyknya nih orang mirip bgd sifatnya kyk gw. gw ga pernah tuh yg namanya berkelompok atw nge-geng. gw lbh pgn bergaul dgn byk geng sekaligus. cuih, gaya banget! tp kalo yg namanya sahabat, gw pasti punyanya yg itu2 aja. (konteksnya lbh ke hubungan interpersonal)

caiiooo Artaa!! Kyk kata eyang-eyang kita, jgn takut ngejalanin hidup, krn emang hidup harus dijalanin! (apaan sih, ga jelas bgd yak? gw jg ga ngerti!)

Anonim mengatakan...

benar2 orang yang punya pengalaman hidup yang menarik tu....